Kamis, 07 Agustus 2014

Kita Ber Empat "Sahabat Sejati"



 Kita ber 4

Pernah ga kalian sahabatan hampir selama 6 tahun lamanya? dan tanpa sedikitpun melewatkan momen seru bersama mereka. Mulai pertama ketemu di SMP sampai lulus SMA. Kita sekolah di SMP yang sama –sama kemudian melanjutkan ke SMK. Meskipun kita sama  SMK, tapi SMK kita berbeda. Ucup di SMKN 1 Ibukota, gwe dan Ihya di SMK Negeri 1 Glagah, sedangkan Miko di SMK Swasta yang terkenal. Kenalin.. temen-temen gwe..


Pertama, temen gwe yang paling ganteng namanya Ihya’, lengkapnya Achmad Ihya’udin. Dia baik, sopan, keren, juga religious.. setau gwe dia selama ini baru pacaran 1 kali. Dan setiap ketemu sama cewek, dia jadi manusia yang pemalu banget. 
Makhluk ajaib yang kedua, namanya Sujatmiko (Micho). Di antara kita berempat, dialah paling kecil dan paling bisa bikin orang ketawa. Miko ini oranganya humories, dialah yang paling pinter menyembunyikan kesedihan dia di depan kita ber 4. Mungkin hanya dia orang yang paling jarang sedih.
Berikutnya adalah Ucup aslinya Muhammad Yusup. Ucup adalah manusia paling dewasa pemikiranya dibandikan kita-kita. Kalau sampai ada salah dua temen kita yang berantem, dialah yang mendamaikan. Semacam guru sepiritual lah, bisa dibilang seperti itu. Disini, Ucup ini paling pinter banget guys kalo masalah pelajaran. Kalo kita lagi kesulitan mengerjakan tugas, disitulah peran sang Ucup diperlukan.. ha ha ha.. jadi guru les gratisan. Satu lagi gwe buka, dia pernah pacaran hanya 1 hari. Pagi jadian, malemnya putus.. hebat ga tuh.. :D
Nah, yang terakhir orang yang paling ribet dan penampilanya paling feminim diantara kita. Siapa lagi kalo bukan gwe sendiri.. :D kenalin nih, gwe A. Langgeng Adinata Prayogo. Gwe sangat terobsesi untuk menjadi orang yang sukses.. ga tau deh sukses apanya.. yang pasti, gwe pengen jadi seorang designer, bisa fashion designer, building designer, atau interior designer,  dan model nasional seperti Darell Ferhostan. Yah, semoga aja itu bisa terwujud dengan kerja keras gwe mulai sekarang.. Seorang Langgeng, meskipun dia kelihatan feminim, tapi dialah yang paling tegas dan suka yang namanya adventure diantara kita. Manusia yang penuh cinta dan kasih sayang sesama. Cinta tanah air dan bangsa. :D
Kita punya mimpi, kalo kita sudah sukses 4 atau 5 tahun kedepan, kita akan ketemu kembali di kota ini. Kota kecil namun luas, kota modern tapi kaya budaya tradisi, kota indah yang kaya akan wisatanya. Kota kenangan kita ber 4, rumah tinggal kita. Banyuwangi the sunrise of Java.
Sekarang, sudah saatnya kita keluar dulu dari nyamanya kebersamaan kita. Kita kejar mimpi-mimpi kita, kita selesaikan urusan kita yang belum selesai. Kita masing-masing sudah punya planning sendiri-sendiri. Ucup ingin melanjutkan kuliah sama seperti gwe, sedangakan Mico dan Ihya’ ingin melamar pekerjaan keluar kota, maklum.. anak SMK siap kerja.
Yang kita perlukan sekarang ini hanyalah kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya. Mata yang akan menatap lebih lama dari  biasanya. Leher yang akan lebih sering melihat keatas. Lapisan tekat yang seribu kali lebih keras dari baja. Hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya. Serta mulut yang akan selalu berdo’a..


***
Yusup. Atau sering dipanggil Ucup, tapi nama lengkapnya adalah Muhammad Yusup. Lahir di Banyuwangi pada tanggal 26 Agustus 1996. Gwe pertama ketemu sama Ucup ketika gwe mendaftar penerimaan siswa baru di SMP. Gwe kenal Ucup gara-gara gwe satu kelas sama dia. Semenjak itu gwe jadi akrab dan bersahabat sama tuh orang. Dari dulu makhluk ini ga berubah, dia selalu saja jadi juara kelas. Hebat gak tuh.. sampai lulus SMP pun dia tetep jadi juara kelas.
Setelah lulus SMP Ucup ngelanjutin sekolah di SMK 1 Ibukota (SMKN 1 Banyuwangi). Termasuk siswa pilihan jika diterima di sekolah itu.  Ngambil jurusan RPL kepanjanganya adalah rekayasa perangkat lunak. Kalo di sekolah gwe itu setara dengan jurusan teknik computer jaringan atau semacamnya. Pas gwe tanya loe ngapain aja ngambil jurusan itu? Dia jawab diajari bikin Web, bikin progam, aplikasi atau apalah gwe ga mengerti banget masalah itu, secara gwe bukan ahlinya :D .
Yusup termasuk siswa yang pandai di SMK. Terbukti dari prestasinya yang tetap jadi juara kelas meskipun ga ranking 1 seperti masa SMP. Selain otaknya yang encer dia juga rajin sholat dan ngaji, ga kaya gwe yang sering bolong dan sudah berhenti ngaji sejak lulus SD. Pengetahuan agamanya pun lumayan dalam dibanding gwe yang sangat cetek.
Dari segi fashion Ucup ini orangnya simple dan ga mau ribet. Pasalnya dari dulu stylenya ga berubah. Mulai baju yang ga banyak gaya dengan rambut cepak rapi tanpa weg. Setau gwe Ucup ini banyak yang naksir loh sejak SMP, cuma dia cuek orangnya jadi cewek yang pengen ngedeketin dia itu mengurungkan niatnya. Ternyata Ucup ini orangnya ga mudah mencintai wanita. Dia selective kepada setiap wanita yang mau mendekatinya. Ada dulu satu cewek yang kecantol sama Ucup dan jadian sama Ucup, tapi ga berlangsung lama bray.. Cuma 1 hari doang cukuplah.. hebat ga tuh pacaran cuma 1 hari doang. Ga tau penyebabnya apa, mungkin reaksi panah dewa cinta kurang manjur kali. :D
Pendiem dan ga banyak tingkah orangnya, gaya bicaranya yang lembut dan sedikit tertawa melekat pada anak yang tinggi badanya tidak lebih tinggi dari badan gwe ini. Tapi dibalik itu Ucup seorang yang periang dan terbuka kepada sahabat-sahabatnya. Legowo dan suka menolong temanya itulah yang gwe suka dari nih orang. Selain itu dia juga anak yang berbakti kepada orang tuanya. Menjadi anak tertua dari 4 bersaudara dialah yang menjadi harapan utama ayah ibunya untuk mengangkat derajat keluarganya. Gwe salut pake banget karena dia mau disuruh apapun sama ibunya atau keluarganya yang lain. Sumpah nurut banget nih anak. Gwe aja ga gitu-gitu amat nurutnya tapi Ucup memang anak yang berbakti kepada keluarganya.
Ucup memang beda dari kita ber 4. Ucup punya pemikiran yang bijak, selalu berbaik sangka kepada siapapun, dan dia pinter banget diantara kita. Sejak kecil Ucup bercita-cita ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses. Baginya, sukses datang dari mana saja, tergantung kita yang berbuat dan Tuhan yang mengarahkan. Boleh saja manusia berencana, tapi hanya Allah yang yang menentukan. Dari kalimat itulah Ucup menjalani hidup tanpa terbebani ambisi dan duniawi. https://www.facebook.com/yus.shone?ref=ts&fref=ts

***
Nama gwe A. Langgeng Adinata Prayogo, serta yang baru menjadi Angga Adinata. Nama itu gwe patenkan untuk menunjang karier gwe yang sedang gwe rintis mulai sekarang supaya mudah dikenali. Angga Adinata adalah singkatan dari inisial nama gwe dan nama orang tua gwe. Tujuannya sih, setiap karya yang gwe ciptakan yang atas nama gwe itu ada nama orang tua serta do’a orang tua gwe juga. Dan dimanapun gwe berada, gwe jadi selalu mengingat mereka. Sedangkan Prayogo itu nama pemberian mendiang ayah gwe dan sekarang karena gwe sudah berusia diatas 17 tahun nama Prayogo itu menjadi nama keluarga gwe sebagai pengganti nama ayah gwe Lastari. Kenapa nama keluarga gwe diganti karena ayah gwe sudah almarhum dan gwe satu-satunya laki-laki di keluarga gwe dan sebagai pemimpin keluarga maka nama keluarga Lastari gwe putuskan untuk diganti menjadi Prayogo. Toh itu dari ayah juga yang ngasih.

Gwe lahir di Banyuwangi tanggal 26 Desember 1995. Gwe putra tunggal di keluarga gwe. Gwe manusia tertua di persahabatan ini dan gwe paling berbeda dari sahabat-sahabat gwe. Kenapa berbeda? Karena gwe yang ga bisa diam dan super aktif dari ke empat sahabat gwe. Gaya rambut yang panjang lurus sudah jadi ciri gwe sejak SD, tapi semenjak masuk SMK rambut panjang gwe harus dipotong pendek. Sempat sedih sih, tapi ada maksudnya juga kenapa peraturan sekolah gwe kaya gitu dan betapa ketatnya. Diakarenakan kita anak SMK diawasi dunia kerja yang menilai kinerja dan kerapian siswanya, dan ga kalah penting, kita praktek menggunakan mesin-mesin besar seperti gergaji bermeja dan lain sebagainya. Dikhawatirkan rambut panjang masuk ke poros dan nyangkut seperti kejadian beberapa tahun silam yang merenggut nyawa seorang siswi. Ngeri ga tuh..
Gwe bersekolah di SMKN 1 Glagah. Sekolah menengah kejuruan rujukan yang terbesar di Jawa Timur, SMK pertama di Banyuwangi. Dari SMP gwe memang mengidam-idamkan pengen masuk sekolah ini dan ngambil jurusan Arsitektur. Dari situlah gwe bisa mengasah bayak kreatifitas gwe di bidang bangunan. Tapi seorang Angga merasa sedikit keluar dari jati dirinya, gwe lebih suka namanya fashion dan art. 

***
Teman gwe yang satu ini, orangya cool guys.. namanya Achmad Ihya’udin, biasa dipanggil Ihya’. Ihya’ ini, sahabat gwe yang kedua setelah Ucup. Gwe ketemu Ihya selang beberapa lama setelah gwe sama-sama sekolah di SMP 2 Glagah. Dulu, Ihya itu beda kelas sama gwe, dia di A sedangkan gwe di B. Ketemunya gwe sama bocah ini disaat gwe satu team extra Pramuka sama dia dan gwe jadi Captain di group itu. Selama SMP manusia satu ini suka ngambekan, sebab itu dia paling ga suka dibecandaain.
Ihya’ ini menurut gwe face nya cakep lah di antara kita berempat. Meskipun cakep, sayangnya temen gwe yang ini ga suka fashion dan gaya-gayaan seperti remaja lainya guys. Oranyanya simple dan ga suka menata penampilan diri seribet gwe. Ihya itu tipikal orang yang pemalu dan jarang bicara kalo didepan cewek. Apalagi didepan cewek yang dia suka, pasti keringet dingin. Setau gwe Ihya ini pernah pacaran satu kali ketika kelas 1 SMK. Pacarnya namanya …  anak SMA 1 Kota Banyuwangi.
Kalo dirumah paling sering ya tidur, kalo ga tidur ya mainan gadget sambil nonton tv sambil bantuin orang tua jaga adiknya. Saking seringnya dirumah, remaja yang lahir di Banyuwangi, 26 Januari 1995 ini jarang keluar main ke kota. 
https://www.facebook.com/achmad.ulummuddin?ref=ts&fref=ts 

***
Dan yang terakhir adalah Miko nama panjangnya adalah Sujatmiko. Cowok satu ini gwe kurang tau banyak tentang dia. Dikarenakan gwe jarang banget pas kumpul ketemu dia. Palingan ya pas traveling yang kebetulan dia ikut.
Miko ini putra pertama di keluarganya dan punya adek dua yang keduanya masih kecil-kecil. Bisa dibilang keadaan ekonomi keluarga Mico tidak semapan kita-kita lah, maka dari itu sejak masuk SMK Miko ini kerja sambil sekolah. Yang aku tau dia pernah kerja di Hotel dan Restaurant di daerah Ketapang Banyuwangi sana. Ya meskipun begitu temen gwe yang unik ini tidak punya rasa sedih sedikitpun, memiliki semangat dan suka bercanda. Berbekal pengalamanya bekerja, dia ingin menekuni dunia kuliner, dan bercita-cita menjadi seorang chef profesional. Gwe berdo'a, semoga temen gwe yang satu ini diberi kemudahan hidup dan selalu mengingat Tuhan.
Ga itu aja, dia juga sering bikin kekonyolan yang mengocok perut kita dan bikin kita semua lemes ketawa lepas. Untuk urusan asmara, Miko jarang cerita ke gwe dan mungking selama ini dia belum pernah punya pacar. Berbanding terbalik dari sifatnya yang periang, bocah paling mini ini tertupup untuk masalah keluarga dan percintaanya. Mungkin dia tidak mau membebani teman-temanya karena masalah yang ia punya.
Miko orang yang bersahaja dan anti yang namanya branded dan keglamouran, tetap dengan gaya rambut potongan madarinan yang rapi dan pakaian yang tidak mencolok. Tetap rendah hati dan ramah tutur katanya. Mungkin hanya itu untuk Miko karena gwe jarang tau dia.
https://www.facebook.com/langgeng.emilybabeyx?fref=ts

***
Uniknya diantara kita berempat ini tanggal lahir kita sama yaitu 26 semua, mungkin itu suatu tanda entah tanda apa atau hanya suatu kebetulan saja.
Sahabat itu guys, harus saling dukung kalo temanya punya keinginan. Tapi ingat dukungan hanya untuk hal yang mengarah kebaikan. Sahabat itu mengisi kekosongan, melengkapi kekurangan, dan sama-sama berbagi kelebihan. Sahabat itu saling bantu kalo salah satu temenya lagi susah dan butuh bantuan. Di dalam persahabatan tidak ada yang namanya iri satu sama lain, karena Tuhan selalu memberikan sesuatu yang berbeda, dan perbedan itu yang membuat indahnya persahabatan. Sahabat itu juga cinta damai bro, jaga perdamaian, dan mendamaikan. :D
So, jaga persahabatanmu dan rawatlah sampai kalian tua nanti, sampai kalian punya anak dan cucu, mungkin cicit yang lucu-lucu.
Ya itu lah sepenggal cerita gwe tentang sahabat-sahabat gwe sejak SMP. Walaupun sekarang gwe punya sahabat-sahabat baru selain mereka, tapi hanya mereka doang yang awet. Awet dalam artian masih menjaga silaturahim sesama.

Thanks sudah mampir kesini… Salam dari Koko Adin.. :D

4 komentar: