Rabu, 24 Desember 2014

Busana Daur Ulang


Hai…..!!!

Sudah lama nih Koko ga update, soalnya sekarang lagi jarang nulis. Maklum, lagi sibuk berkarya :D factor males juga sih. haha….
Koko pada postingan kali ini akan bagi-bagi cerita kaya biasanya mengenai dunia fashion. Tapi kali ini beda, because busananya yang terbuat dari barang bekas dan limbah rumah tangga. Sebenarnya karya yang ini sudah lama pembuatanya, namun baru kepikiran untuk nge-share kesini.
Sedikit cerita mengenai karya-ku yang ini. Sebenarnya karyaku yang ini adalah tugas akhir semester ketika aku masih duduk di kelas XII SMKN 1 Glagah Banyuwangi. Tugas dari guru mata pelajaran Kewirausahaan yaitu Mr. Handoko.
Dari situ terbuatlah karya dariku dibantu beberapa ketiga sahabatku (Nurul, Alfin, & Fitry). Kami dibagi menjadi dua kelompok yaitu aku bersama Alfin sedangkan Nurul dengan Fitry. Aku dan Alfin membuat karya dari karung goni sedangkan Nurul dan Fitry membuat karya dari kertas semen yang ide dan design busananya dari aku.
Mulai dari karyaku bersama Alfin. 


Busana Kebaya dari Karung Goni.
 
Busana ini adalah hasil rancanganku besama sahabat baiku yang bernama Al Afin Ludfinda. Sekarang dia menuntut ilmu agama di Kabupaten Kediri. Menjadi seorang santri dan jarang pulang ke Banyuwangi. Aku sungguh merindukanya…


Busana Pesta dari Kertas Semen.


Busana ini adalah karya dari kedua sahabat cantikku yaitu Fitry dan Nurul. Karena kami dari jurusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton, busana ini tidak jauh dari keseharian kami di sekolah. Bahanya yang terbuat dari limbah kertas semen dan temanya yang mewakili dunia kami bidang konstruksi.
Sama sekali tidak mengandung unsure promosi karena brand dari kertas kami tunjukan dengan jelas. Itulah yang menjadikan busana ini unik.


Busana dari Kertas Koran


Busana ini bukan dari tugas akhir semester melainkan untuk menjadi salah satu bahan penilaian adiwiyata sekolah.
Bahan Koran dipilih karena banyak Koran bekas yang tak terpakai di ruang kantor sekolah dan perpustakaan. Maka dari itu timbulah ide untuk medaur ulang kertas Koran dan salah satunya busana karyaku ini.


Busana dari Limbah Plastik rumah tangga


Busana ini juga sebagai salah satu bahan penilaian adiwiyata sekolah. Bahan yang digunakan adalah berbagai kemasan plastic dan gelas plastic air mineral.
Bahan diperoleh dari rumah tangga, kantin sekolah, dan bank sampah. Tujuanya untuk mengurangi sampah plastic yang tidak bisa terurai dan menjadikan sampah menjadi barang seni.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar